10 Hoax Paling Menggeparkan di Dunia dan TERBONGKAR

Hoax menggemparkan
Antarbintang - Hoax menggemparkan sepanjang sejarah sudah pernah tercatat di dunia. seiring berkembangnya internet, hoax menggemparkan sudah tidak lazim lagi dimata kita.
Kata hoax sebenarnya muncul pertama kali di kalangan netter Amerika, kata hoax didasarkan pada sebuah judul film yang berjudul The Hoax,
The Hoax adalah sebuah film drama Amerika 2006 yang disutradarai oleh Lasse Hallström. yang diskenario oleh William Wheeler, film ini dibuat berdasarkan buku dengan judul yang sama oleh Clifford Irving dan berfokus pada biografi irving sendiri,serta Howard Hughes yang dianggap dianggap membantu menulis.
Banyak kejadian yang diuraikan Irving dalam bukunya yang diubah atau dihilangkan dari film, dan penulis kemudian berkata, "saya dipekerjakan oleh produser sebagai penasihat teknis film, tapi setelah membaca naskah terakhir saya meminta agar nama saya dihapus dari kredit film.itu mungkin disebabkan karna plot naskah tak sesuai dengan novel aslinya, "

Sejak itu, film hoax dianggap sebagai film yang banyak mengandung kebohongan, sehingga kemudian banyak kalangan terutama para netter yang menggunakan istilah hoax untuk menggambarkan suatu kebohongan, lambat laun, penggunaan kata hoax di kalangan netter makin gencar.
Bahkan kabarnya kata hoax digunakan oleh netter di hampir seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia.
Berikut adalah 10 Hoax Paling Menggeparkan di Dunia dan TERBONGKAR
1. Piltdown Man
 
Pembuat Hoax : Charles Dawson
 
Lama Hoax : 40 Tahun
 
Kronologi : 
Manusia Piltdown adalah penipuan yang dilakukan oleh Charles Dawson dari November 1912 dan hingga terbongkar pada tahun 1953.
 
Dawson mengklaim bahwa dia telah menemukan sebuah tengkorak hominid di daerah penggalian Piltdown, dekat Uckfield di Sussex di Inggris, dan memberinya nama Latin seperti yang tertera di atas.
 
Setelah melalui tes penyerapan florin pada 1949 dan penanggalan ulang usia tanah di Piltdown, Manusia Piltdown akhirnya dinyatakan sebagai sebuah penipuan pada tanggal 21 November 1953.
 
2. Crop Circles

Crop circle
 
Pembuat Hoax : -
 
Kronologi :
Crop Circles atau lingkaran tanaman adalah suatu pola teratur yang terbentuk secara misterius di area ladang tanaman, seringkali hanya dalam waktu semalam.
 
Fenomena ini pertama kali ditemukan di Inggris pada akhir 1970, dengan bentuk pola-pola lingkaran sederhana. Pada masa-masa setelahnya, pola-pola tersebut kini cenderung bertambah rumit dan tidak terbatas hanya pada hanya bentuk lingkaran.

 
Namun karena mengacu pada asal-usulnya, maka istilah lingkaran tanaman ini masih dipertahankan.
 
3. Clever Hans
 
 
Pembuat Hoax : Wilhelm von Osten
 
Kronologi :
Clever Hans adalah seekor kuda Orlov Trotter yang diklaim telah mampu melakukan perhitungan aritmatik dan tugas intelektual lainnya.
Setelah penyelidikan resmi pada tahun 1907, psikolog Oskar Pfungst menunjukkan bahwa kuda itu tidak benar-benar melakukan tugas-tugas mental, tapi sedang menonton reaksi pengamat manusianya.

Pfungst menemukan artefak ini dalam metodologi penelitian, dimana kuda menanggapi langsung ke isyarat tak sadar dalam bahasa tubuh dari pelatih manusia, yang memiliki kemampuan untuk memecahkan setiap masalah.
4. The Turk
 
Pembuat Hoax : Wolfgang von Kempelen
 
Kronologi :
Turk, yang juga dikenal sebagai Robot Orang Turki  merupakan mesin catur palsu yang dibuat pada akhir abad ke-18.
The Turk adalah robot yang bisa bermain catur dan melakukan trik catur yang menakjubkan seperti Tour Knight. Turk dibuat dan ditampilkan perdana pada tahun 1770 oleh Wolfgang von Kempelen (1734–1804) demi mengesankan Ratu Maria Theresa dari Austria.

Robot ini juga sudah pernah megalahkan Benjamin Franklin dan Napoleon Bonaparte.

Pembongkaran rahasia : Akhirnya misteri The Turk ini terbongkar di tahun 1820-an dimana The Turk ini dikendalikan orang di balik tirainya.
5. Alien Autopsy
 
Pembuat Hoax : Ray Santilli
 
Kronologi :
Pada 1990-an, Ray Santilli menunjukkan rekaman film hitam putih yang mengejutkan dunia. Dimana di dalam filmnya terdapat hasil otopsi alien  yang selamat dari kecelakaan piring terbang di dekat Roswell, New Mexico tahun 1947.
Hal ini memicu perdebatan sampai sekarang ini. Pada tahun 1995, Fox TV menyiarkan rekaman ini.

Pembongkaran rahasia : Pada tahun 2006, Santilli mengakui rekaman itu tidak nyata. Namun Fox sengaja menghalangi Santilli membocorkannya karena Fox sudah terlanjur menayangkannya.
6. Alien Autopsy CBS
 
Pembuat Hoax : CBS Radio
 
Kronologi :
Pada malam 30 Oktober 1938, siaran berita di Radio mengguncang negara itu. Kendaraan antariksa alien dari Mars mendarat di New Jersey dan menyerang manusia.
Pembongkaran rahasia : 

Siaran itu tidaklah nyata, tentu saja, dan pada kenyataannya itu dikenal di awal sebagai drama radio dari novel HG Wells terkenal, The War of the Worlds.

7. The Fiji Mermaid
 
Pembuat Hoax : P.T. Barnum
 
Kronologi :
Pada tahun 1822, Samuel Barrett Edes membeli putri duyung dari beberapa pelaut Jepang untuk jumlah yang selangit $ 6.000. Sisa-sisa yang dimumikan yang dari makhluk setengah manusia, setengah ikan, dengan bulu hewan meliputi setengah dan ikan sisik manusia di bagian bawah.
Edes membawa makhluk itu kembali ke Inggris di mana ia dipamerkan, diteruskan kepada anaknya, dan kemudian dijual kepada Musa Kimball pada tahun 1842. Kimball, membawa putri duyung ke New York, di mana ia menunjukkan kepada PT Barnum.
Dari sana Barnum menyewa dan merancang putri duyung itu untuk menipu pers dan publik dan dipamerkan di American Museum of Natural History.
Pembongkaran rahasia : 

Kemudian ahli terkait dari Universitas Harvard menyatakan bahwa ikan duyung itu ternyata palsu, dan itu bukan ikan duyung, melainkan bayi monyet yang dijahitkan ke ikan.
8. The Stone Age Tasaday Tribe
Pembuat Hoax : Manuel Elizade, Jr
 
Kronologi :
Pada tahun 1971, suku Zaman Batu "ditemukan" di Filipina oleh Manuel Elizade, Jr. Dikenal sebagai Tasaday, suku kecil, terisolasi dan benar-benar tidak tahu masyarakat modern.
Masih menggunakan alat Zaman Batu, mereka pemburu-pengumpul terbiasa dengan pertanian. Berita itu menimbulkan sensasi di pers dan komunitas ilmuwan.
Pembongkaran rahasia : 
Pada tahun 1986, penyelidikan yang lebih dekat, yang dimungkinkan di akhir kediktatoran Marcos, menunjukkan bahwa Tasaday tidak persis dengan tampaknya.

Tampaknya suku tersebut sepakat untuk bohong dengan imbalan rokok dan pakaian gratis.
9. The Cardiff Giant
 
Pembuat Hoax : - (kemungkinan warga biasa)
 
Kronologi :
Pada tahun 1869, raksasa ditemukan di sebuah peternakan. Ditemukan saat menggali sumur, raksasa yang sudah membatu dengan ukuran 10 kaki.
Penemuan ini menjadi sensasi dan banyak orang berbondong-bondong kesana untuk melihat secara langsung.
Pembongkaran rahasia : 

Ternyata rakasa Cardiff itu palsu dan dibuat secara realistis dari batu gipsum dan memiliki pembuluh darah biru yang menyerupai pembuluh darah manusia.

10. Beavers on the Moon
 
Pembuat Hoax : John Herschel
 
Kronologi :
Pada tahun 1835, surat kabar New York Sun menerbitkan serangkaian artikel tentang penemuan astronom John Herschel, yang dengan bantuan teleskop baru dan mampu mempelajari bulan lebih dekat daripada sebelumnya.
Herschel, dilaporkan, mengamati seluruh peradaban bulan yang sangat indah termasuk orang dengan sayapnya, unicorn, tanaman, dan, anehnya, berang-berang ada juga. Cerita ini dicetak ulang di koran seluruh dunia dan bahkan dipentaskan.
Pembongkaran rahasia : 

Arti dari Hoax ini bertahan selama 5 tahun setelah penulis artikel di koran itu, Richard Adams Locke, yang mengaku sengaja membuat berita tersebut dan berita itu ternyata hoax. (sumber: waktuku.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini